Rabu, 24 April 2013

4 Langkah Antisipasi Blog Dihapus Google

blog dihapusBagaimana rasanya jika blog yang sudah sangat ramai tiba-tiba lenyap dan tidak bisa diakses lagi. Tentu saja ada rasa kecewa bahkan ada yang mengaku putus asa. Membuat blog jadi ramai itu tidak semudah seperti yang terlihat.

Perlu waktu, kerja keras, dan juga teknik untuk membuatnya seperti itu. Bahkan bisa dikatakan keberuntungan juga berlaku. Sehingga akan sangat disayangkan jika blog yang sudah kita bangun dan dikelola dihapus oleh google karena kesalahan yang mungkin tidak begitu kita sadari.

Karena hal itu, madjongke.com akan menyampaikan beberapa langkah antisipasi blog dihapus total oleh google.

1. Ekspor blog
Tidak harus diimpor kepenyedia blog lain. Kita bisa mengekspor isi blog pada penyimpanan perangkat keras. Untuk sekedar jaga-jaga. Simpan lebih dari 1 file pada perangkat yang berbeda. Lakukan hal ini sesering mungkin setiap ada artikel terbaru yang diterbitkan. Secara otomatis, url akan disesuaikan sendiri dengan tanggal terbit artikel yang dimaksud. Untuk caranya, masuk ke akun blogger, Setelan, Lainnya, Ekspor blog. Jika nanti ingin mengupload kembali. Lakukan hal serupa namun klik Impor blog

2. Domain
Siapkan domain sendiri untuk blog yang kita kelola. Sehingga sewaktu kita menggunakan akun baru atau penyedia lainnya, blog kita seolah tidak berubah alamat. Ini tentu baik untuk mesin pencari dan juga pembaca setia.

3. Template
Download template lengkap setiap ada perubahan. Ini berguna untuk memudahkan nanti jika kita memulai kembali dengan akun blogger baru. Sehingga tidak ada perbedaan jika blog dihapus oleh google. Kita tinggal meneruskan bagian lain yang belum tepat. Caranya masuk blogger, template, cadangkan/pulihkan, Klik Unduh template lengkap. Jika ingin upload kembali, lakukan hal serupa namun pilih file kemudian diupload.

4. Hindari Penyebab
Hindari penyebab blog dihapus oleh google. Meskipun tidak bisa maksimal, setidaknya kita sudah berusaha. Dan penyebab blog dihapus google, seperti yang madjongke.com jelaskan dibawah ini seperti yanng sudah tertulis di web resmi google disini.

Materi Khusus Dewasa: Google mengijinkan materi khusus dewasa dengan syarat menandai blog terkait sebagai blog khusus dewasa. Namun untuk yang menyangkut anak kecil dan memberikan tautan kesitus konten dewasa berbayar tidak diperbolehkan.

Artikel yang mendorong kebencian: Artikel yang mendorong kebencian tidak diperbolehkan oleh google. Harap hati-hati jika menggunakan blog untuk tujuan seperti ini (SARA).

Kekerasan: Tidak termausk konten olahraga, konten kekerasan dilarang keras oleh google. Misalnya saja memberikan gambar luka yang cukup parah atau hal terkait.

Hak Cipta: Bagi pemula, copy paste merupakan hal yang sangat wajar. Tentu saja copy paste tanpa memberikan link hidup menuju sumber aslinya. Ini jelas dilarang oleh google. Sehingga jika blog ada yang ketahuan memiliki konten hasil bajakan, besar kemungkinan blog tersebut akan dihapus.

Selain dari penyebab itu, masih banyak penyebab blog dihapus google lain yang perlu dipelajari. Untuk informasi singkatnya, blog yang mempublikasikan informasi atau identitas pribadi orang lain, blog yang meniru atau mengatasnamakan orang lain, kegiatan ilegal, spam, dll