Selasa, 12 Februari 2013

20 Hal Yang Membuat Orang Tua Bahagia

Cara membahagiakan orang tua
Seperti apapun orang tua, mereka banyak berjasa pada kita. Kita tidak akan pernah ada tanpa mereka. Kita tidak seperti kera sakti yang tercipta dari sebuah batu. Bahkan bukan hanya itu saja, mereka rela melakukan apa saja untuk membuat kita tumbuh besar menjadi anak yang baik.

Baik secara langsung atau tidak mereka (orang tua) selalu mengajarkan pada kita tentang cara menjalani kehidupan. Bagi yang masih memiliki orang tua sebaiknya bersyukur karena banyak orang di luar sana yang tidak memiliki ayah, ibu, atau bahkan tidak keduanya. Beberapa diantara mereka sangat terharu ketika melihat satu keluarga utuh sedang pergi bersama. Bahkan ada juga yang hampir menangis karena itu.

Kita harus sadar diri, seberapa banyak hal kecil yang dilakukan Orang Tua untuk Kita. Dari sejak belum lahir saja, Mereka sudah banyak melakukan perjuangan dan pengorbanan untuk Kita. Lihat fisik Kita sekarang, ini adalah hasil dari Ibu yang menjaga kesehatan saat hamil dan juga perjuangan Ayah untuk melibatkan diri dalam kesehatan Ibu.

Belum lagi setelah Kita lahir, kedua Orang Tua sebenarnya benar-benar merasa lelah. Tengah malam harus terbangun dari tidur saat Kita menangis. Keduanya saling bergantian untuk menjaga. Setelah itu, untuk melangsungkan hidup Kita juga tetap butuh uluran tangan Mereka sepenuhnya. Kadang, kecurangan, kebohongan, hingga dosa dilakukan demi menjaga kehidupan Kita. Kita tertawa sudah bisa membuat Orang Tua bahagia saat itu. Padahal tertawa saja sebenarnya tidak membantu beban yang harus Mereka tanggung. Orang Tua pantas mendapatkan lebih dari itu.

Belum lagi setelah Dewasa, kadang ada sesuatu dari Kita yang menjadikan beban pikiran untuk Mereka. Kita tidak selalu menyadari hal itu tapi pasti ada.

Meskipun begitu, banyak sekali anak yang tidak bersyukur bahkan yang lebih parah lagi tidak mengakui orang tuanya dan menjadi anak durhaka. Tapi tentu saja hal itu tidak terjadi pada diri kamu saat ini. Meskipun baru niat, pasti ada dihati kamu rasa untuk membuat orang tua bahagia. Atas dasar semua itu, berikut hal-hal yang bisa membuat orang tua bahagia.

1. Bangun pagi dan menyapa orang tua dengan senyuman.
2. Bicara yang lembut pada orang tua dan tidak membentak mereka.
3. Bantu pekerjaan rumah meskipun sepele walau orang tua tidak menyuruh.
4. Pamit ketika mau pergi dan memberi salam ketika pulang.
5. Tidak membuat mereka sedih atau khawatir.
6. Taat beribadah menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
7. Jadi anak pintar.
8. Turuti nasihat mereka jangan suka membantah.
9. Jangan terus membela diri jika salah.
10. Membuat mereka bangga dari tingkah lakumu.
11. Tunjukan bahwa kamu bahagia tinggal di Rumah.
12. Berprestasi di sekolah atau tempat kerja.
13. Bersikaplah dewasa.
14. Jangan banyak menuntut.
15. Bangga dengan pekerjaan orang tua karena dengan pekerjaan mereka bisa membuatmu hidup sampai saat ini.
16. Terbuka untuk masalah yang orang tua perlu tahu.
17. Jika bisa, wakili mereka dalam beberapa hal agar orang tua bisa istirahat.
18. Sesuaikan keinginanmu dengan kemampuan orang tua.
19. Hibur orang tua saat mereka galau
20. Jadilah orang hebat dan tidak membuat malu mereka.

Intinya jangan mengecewakan orang tua dan buat mereka bangga, jadi kamu tidak harus mencari cara yang sulit untuk membahagiakan orang tua. Sesuaikan dengan kemampuan juga keadaan dan mulailah dari hal kecil yang sudah disampaikan. Ada yang mau menambahkan?.