Senin, 01 April 2019

15 Cara Mengatasi Pacar Yang Terlalu Mengekang

pacar terlalu mengekang

Bukan suatu keadaan yang buruk ketika pacar benar-benar sayang sama kamu, takut kehilangan, hingga membuatnya terdorong untuk benar-benar menjaga hubungan. Selama cara yang digunakan masih dalam batasan wajar, tentu tidak akan menjadi masalah yang berarti. Sayangnya tidak banyak yang bisa seperti itu, kebanyakan cenderung berlebihan dalam menerapkan suatu tindakan. Hingga akhirnya pacar mulai banyak tuntutan dan membuat kamu terkekang.

Ketika pacar terlalu mengekang, bukan hanya rasa tidak nyaman yang akan kamu rasakan. Hasrat menjalin hubungan dengan dia pun bisa semakin menipis jika terus dibiarkan. Tidak seketika, tapi dalam jangka panjang hal itu akan memberi pengaruh buruk bagi perasaan kamu.

Memang terkesan merugikan dia saja, tapi jelas saja akan memberi kerugian untukmu juga baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Maka demi kenyamanan dan kelangsungan hubungan, pacar yang terlalu mengekang sebaiknya segera diatasi. Dan inilah cara yang bisa kamu lakukan.

cara mengatasi pacar terlalu mengekang

1. Jujur saja bahwa kamu tidak nyaman dengan sikap dia selama ini

Merubah dia berubah tidak cukup dengan berdiam diri dan menunjukkan sikap pemberontakan tanpa membuatnya tahu apa yang sebenarnya kamu inginkan. Berani jujur tentang rasa tidak nyaman karena sikap yang dia tunjukkan. Sehingga dia akan tahu bahwa tindakan mengekang selama ini benar-benar memberikan rasa tidak nyaman. Katakan dengan lembut agar dia bisa mengerti meskipun tetap memancing pertengkaran. Jangan dengan nada marah, sebab hal itu justru akan membuatnya merasa tertantang.

2. Ceritakan dengan baik dampak yang akan terjadi pada diri kamu

Sudah sangat paham bahwa tindakan terlalu mengekang dari pacar, bisa membuat perasaan kamu perlahan luntur jika terjadi terus menerus. Rasa tidak nyaman yang terus terjadi bahkan bisa membuat kamu tidak lagi berharap masa depan dengannya. Ketika kamu bisa menjelaskan dengan baik, tentu saja dia bisa mengerti meskipun ada perasaan tidak terima dalam hatinya.

3. Jelaskan bahwa kamu sayang dia dan tidak ingin kehilangan rasa tersebut

Harus bisa membuat pacar yakin, bahwa kamu benar-benar sayang dan sangat mencintai dia. Kamu tidak ingin karena tindakan dia yang terlalu mengekang, akhirnya membuat kamu kehilangan rasa tersebut. Seolah kamu mengajak dia untuk tetap menjaga perasaan yang selama ini kamu rasakan dengannya. Tidak perlu takut dia ngelunjak, justru ketika dia merasa disayangi dan dicintai, justru bisa mengurangi sikap mengekang tersebut.

4. Kurangi membuat dia cemburu atau curiga, meski wajar kamu perlu menutupi karena cara pandang pasti berbeda

Ketika kamu melakukan hal wajar dengan teman lawan jenis, tidak perlu terlalu terus terang padanya. Bahkan kamu bisa menutupi hal itu. Sebab cara pandang pacar pasti akan berbeda dari cara pandang kamu sendiri. Kamu mungkin menganggap wajar karena tahu dan merasakan sendiri tidak ada yang spesial. Tapi pacar tentu akan berpikir segala kemungkinan yang tidak dia inginkan. Hingga akhirnya merasa cemburu bahkan curiga.

5. Kenalkan dengan teman yang cenderung membangkitkan hasratnya untuk mengekang

Jika sudah terlanjur mengalami aktivitas wajar atau kedekatan dengan teman lawan jenis lain, kamu perlu memperkenalkan teman tersebut pada pacar kamu. Ini terkesan wajib agar dia tidak merasa perlu untuk menuntut, mengatur, dan mengekang. Jangan sampai kamu justru mencegah terjadinya perkenalan antara pacar dengan teman lawan jenis tersebut. Karena hal itu justru akan menciptakan pikiran yang lebih buruk. Pacar akan menganggap tidak beres karena kamu sendiri keberatan memperkenalkan.

6. Berikan keyakinan ketika kamu harus pergi tanpa pengawasan atau komunikasi setiap saat

Saat pergi untuk melakukan aktivitas diluar jadwal rutin, pacar tentu punya inisiatif untuk sering berkomunikasi. Atau setidaknya kamu merasa harus sering memberi kabar. Maka sebelum itu terjadi, kamu harus bisa menjelaskan sejak awal dengan sangat lengkap. Andai kamu tidak melakukan ini, bisa dipastikan dia akan semakin posesif.

7. Ada saatnya kamu membiasakan untuk tidak berkomunikasi dengan cara ini

Alasan untuk tidak berkomunikasi adalah dengan pamit untuk fokus melakukan suatu tugas atau pekerjaan. Pamit menjadi hal yang perlu kamu lakukan demi menghindari komunikasi terus menerus. Dengan ini diharapkan dia tidak ketergantungan dengan komunikasi tanpa henti. Tapi kamu juga harus bisa menahan diri dengan kondisi tersebut.

8. Libatkan secara langsung terhadap aktivitas yang sebelumnya sering membuatnya berpikir buruk

Tidak ada salahnya mengajak pacar untuk terlibat dalam aktivitas kamu, terutama aktivitas yang sebelumnya sering membuat dia curiga atau berpikir buruk. Dengan membuat pacar merasakan langsung kondisinya, pacar bisa menilai apakah ada potensi macam-macam atau tidak. Ingat, membayangkan saja dengan merasakan langsung akan menciptakan pemahaman yang berbeda.

9. Buat dia tahu bahwa diri kamu siap dengan kedatangannya kapan saja

Jika memang keadaan memungkinkan, tidak perlu takut dia datang secara mendadak. Dia harus tahu hal ini agar dia menganggap kamu tidak akan pernah macam-macam dengan dia. Jika memang bisa seperti itu, dia akan lebih sering merasa baik-baik saja. Meskipun saat awalan, dia akan lebih sering datang mendadak untuk memastikan. Ketika dia tidak mendapati hal yang mencurigakan, lama-lama dia merasa tidak perlu untuk melakukan.

10. Minta kepercayaan darinya, dan yakinkan padanya bahwa kepercayaan itu benar-benar kamu manfaatkan dengan baik

Menuntut kepercayaan padanya pada awalnya tetap akan menciptakan pikiran buruk, tapi ketika kamu benar-benar menjaga kepercayaan yang terpaksa dia berikan, lama-lama dia akan percaya dengan sendirinya. Sehingga tidak merasa perlu untuk terlalu mengekang.

cara mengatasi pacar posesif

11. Jangan bangga terhadap kesan bahwa kamu diinginkan oleh orang lain

Menceritakan bahwa ada orang yang suka sama kamu, ingin dekat dengan kamu, bahkan pernah mengejar kamu terlalu berlebihan. Meski rasa cemburu itu kecil, sama saja menunjukkan keadaan bahwa kamu bisa dengan mudah tergoda sosok lain. Ini juga menunjukkan bahwa kamu suka dengan kondisi tersebut hingga membuatnya perlu untuk menjaga. Sayangnya upaya menjaga itu justru membuat kamu merasa terkekang.

12. Berikan dia kesempatan untuk menikmati waktu sendiri

Ketika dia pamit untuk melakukan sesuatu, biarkan dia menikmati itu. Kamu juga tidak perlu merasa perlu untuk terus menghubungi. Ketika dia merasa asyik dengan hal itu, fokus terhadap kamu akan berkurang. Meskipun tetap sayang, ada saatnya dia ingin menikmati waktunya sendiri.

13. Jangan pernah menunjukkan sikap tidak menginginkan dia

Bersikap cuek adalah hal yang harus dihindari. Sebab ini bisa membangkitkan hasrat dia untuk lebih mengekang. Sebab kondisi cuek itu secara otomatis membuat dia merasa tidak diinginkan, kamu dianggap sudah bosan, bahkan pikiran kamu sudah nyaman dengan sosok lain.

14. Katakan secara tegas untuk tidak terlalu mengekang

Jika dia tidak bisa berubah maka hal yang perlu kamu lakukan adalah secara tegas meminta padanya untuk tidak terlalu mengekang. Yakinkan bahwa kamu tidak menyukai hal tersebut. Ini perlu sebab meskipun sebelumnya sudah diberi pemahaman, kadang persetujuan itu terjadi untuk sekedar menghargai atau demi keamanan. Ketika berjalan dalam kurun waktu tertentu sikapnya kembali lagi.

15. Berikan hukuman ketika dia mulai mengekang lagi

Hukuman yang tepat adalah mendiamkan dia setelah sebelumnya mengaku kalau kamu merasa bahwa dia kembali mengekang seperti sebelumnya. Kamu kecewa kemudian berikan pelajaran dengan mendiamkan untuk beberapa saat. Biarkan dia introspeksi agar tidak terlalu mengekang terus menerus.

Lakukan langkah-langkah diatas secara bertahap dan bisa melakukan pengulangan terus menerus hingga kamu tahu apakah dia bisa berubah atau tidak. Selanjutnya tergantung keputusan kamu mau bagaimana.

Baca juga: 10 Penyebab Rasa Takut Kehilangan Bisa Muncul Dalam Hubungan